Inilah Keunggulan dan Kekurangan Toyota Yaris Balpao—Apakah Anda Masih Berminat?

Bojong.my.id Toyota Yaris bakpau tetap menjadi favorit di pasar mobil bekas karena hatchback 1.500 cc buatan Toyota ini memiliki banyak keunggulannya.

Toyota Yaris muncul di pasar Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 2006 dengan model generasinya yang kedua; sebaliknya, versi pertamanya memang tak pernah diperkenalkan resmi ke Tanah Air.
Hatchback penerus Starlet ini datang untuk melawan Honda Jazz yang kala itu sudah meluncur lebih dulu.
Honda Jazz versi kedua (GE8) ataupun seri pertamanya (GD3) keduanya mengusung gaya yang sporty berkat lekuk tajamnya, tetapi sebaliknya Toyota Yaris (XP90), yang populer disebut sebagai Yaris Bakpao, hadir dengan bentuk yang membulat serta penampilan yang terlihat lebih matang.

Saat pertama kali diluncurkan, Toyota langsung melempar empat varian Yaris sekaligus ke pasar. Yakni E M/T sebagai model termurah, E A/T, S A/T, dan S Limited A/T sebagai yang termahal, selanjutnya tipe J muncul di tahun 2008 sebagai tipe terendahnya.

Pada tahun 2008, Yaris memperkenalkan versi TRD Sportivo yang dilengkapi dengan kit bodi untuk penampilan yang semakin olahraga.

Kalau dihitung, Toyota Yaris bakpao mengalami facelift dua kali, di tahun 2008 dan di tahun 2012.
Kelebihan Toyota Yaris Bakpao
Untuk kamu yang sedang mencari Toyota Yaris bekas, perhatikan beberapa keunggulannya berikut ini.
1. Mesin Bandel dan Spare Part Melimpah
Salah satu keunggulan dari Toyota Yaris bakpao ini terletak di bagian mesin. Bukan karena daya outputnya yang lebih besar dibandingkan Jazz, tetapi mesin bertipe 1NZ-FE dikenal akan ketahanannya. Mesin tersebut pun sama digunakan oleh Vios serta Limo yang kerap dimiliki perusahaan taksi.
Mesin 1.500 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i, mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.
Selain itu, merawat Toyota Yaris bakpao enggak usah takut spare part sulit, karena sangat melimpah dan banyak, pilihannya mulai dari kualitas orisinal, aftermarket sampai KW nya pun banyak.
2. Irit Bahan Bakar
Mesin 1NZ-FE pada Toyota Yaris memiliki desain ringkas dan efisien dalam penggunaan bahan bakar, menjadikannya pilihan ideal untuk digunakan sehari-hari di area perkotaan.
Untuk perjalanan di dalam kota, jarak tempuhnya dapat mencapai 11-12 kilometer per liter, sementara untuk perjalanan di luar kota via jalur toll, angkanya bisa sampai 14 kilometer per liter.
3. Perawatan Mudah
Perawatan untuk Toyota Yaris dapat dikatakan sederhana, mengingat daya tahan dan ketangguhan mesin serta transmisinya, hampir setiap bengkel biasa pun mampu menanganinya dengan baik—seperti halnya bakpaunya.
Namun demikian, penting untuk dicatat bahwa kendati mesin dan transmisinya jarang menemui masalah, pemilik Yaris Bakpao masih harus merawat mobilnya sebagaimana tercantum dalam buku panduan, termasuk penggantian minyak mesin dan transmisi serta komponen lain yang telah mulai usang.
4. Harga Bekasnya Terjangkau
Untuk harganya yang seken, menurut data di GridOto.com, Toyota Yaris paling murah adalah antara Rp 80 juta sampai Rp 90 juta untuk varian E tahun 2006 bergantung pada keadaannya.
Selanjutnya, pada periode 2007-2009, harga varian E berada di kisaran antara Rp 85 juta sampai dengan Rp 100 juta. Sementara itu, untuk model tahun 2010-2011, varian E memiliki rentang harga sekitar Rp 105 hingga Rp 110 juta bergantung pada keadaannya.
Pada tahun 2012-2013, harga untuk jenis E berada di kisaran Rp 115 sampai 120 juta, sementara itu varian TRD Sportivo pada periode yang sama harganya antara Rp 140 sampai 150 juta bergantung pada keadaannya.
Kelemahan Toyota Yaris Bakpao
Berikut beberapa hal penting untuk dipertimbangkan, termasuk juga mengenali kerugian serta masalah umum pada mobil Toyota Yaris Bakpao tersebut.
1. Rack Steer Sering Kena
Banyak pemilik Yaris yang mengalami rack steer sudah mulai banyak yang kena, selain faktor usia, memang rack steer di power steering jenis elektrik (EPS) juga banyak yang kena juga.
Oleh karena itu, apabila Anda merancang untuk membawa Toyota Yaris tersebut ke bengkel, pastikan untuk menyiapkan dana guna perbaikan rak kemudi di tempat spesialis komponen chassis.
"Perhatian saat membeli Yaris bekas tentang masalah rack steering. Gejala yang muncul adalah kemudi terasa berat dan adanya getaran pada stir. Biaya perawatan untuk hal ini sekitar Rp 1,3 juta sudah termasuk semua, mulai dari penggilingan rack steering hingga pemotongan as dalamnya," ungkap Budhi, sang pemilik bengkel khusus kaki-kaki bernama Intan Motor77 di Harapan Indah, Bekasi.
2. Letak Speedometer yang Jarang Ditemui
Posisi speedometer atau panel instrumen yang letaknya di tengah ini jarang ditemui. Beberapa pengendara masih kesulitan dan belum terbiasa dengan susunan panel instrumen pada Yaris tersebut.
3. Desain Dasbor Membosankan
Meskipun hanya berdasarkan pada preferensi pribadi, namun banyak orang mengatakan bahwa tampilan dasbor dengan gaya semua-round cukup monoton.
Jika dibandingkan dengan Honda Jazz GD3 atau bahkan Jazz GE8 pun, tentu saja desain dasbor Jazz jauh lebih sporty dibandingkan Yaris bakpao.
Posting Komentar